Kamis, 05 September 2013

Resensi: Ronggeng Dukuh Paruk



Judul          : Ronggeng Dukuh Paruk
Pengarang      : Ahmad Tohari
Genre          : Kisah cinta, sastra lama, nove
Penerbit       : Gramedia
ISBN           :
Tanggal Beli   : BACA EBOOK

Opiniong =>

Rasus-Srintil.

Aku sama seperti ratusan orang lainnya. Sebelum ujian bahasa Indonesia aku bahkan gak tau Ronggeng Dukuh Paruk eksis. Oke a bit story, aku sih gak ingat yah pas ujian atau UH kelas berapa nemu potongan kisah Rasus-Srintil ini. Kalau gak salah sih di soalnya disuruh cari latar dari penggalan cerita Rasus sama Srintil yang mau ehem-ehem di makan keramat:p aku sih awalnya ngira si Rasus gak mau karena takut Tuhan, ternyata dia takut karna itu adalah makam keramat:$ sumpah bikin ngakak banget.
Buku ini sih diluar expektasi.

Aku kira bakalan ada banjir air mata ketika baca buku ini. Melihat review dari orang-orang dan ratingnya yang tinggi di Goodreads, most of the said this book lebih dari Rome and Juliet (fyi: aku pernah coba baca R&J di perpus, baru halamn 1 aja udah mual.) maka aku mulai mencari buku ini di perpus. Aku bersama Jasny hampir mengubek setiap rak buku di perpus, dan hasilnya nihiil :( gak ada nih buku, padahal buku karya Freddie S banyak tuh:& nah, karena gak ketemu-ketemu makanya aku cari jalan pintas, baca bajakannya mohon banget jangan ditiru yah.
Entah kenapa, buku ini terasa kurang greget. Mungkin karena aku belum baca 2 buku lainnya kali ya. Atau emang Ronggeng Dukuh Paruk baru permulaan dari kisah cinta Rasus-srintil yang bener-bener wow.

Buku ini berkisah tentang Rasus yang jatuh cinta pada Ronggeng di desanya (ronggeng itu semacam penari tapi boleh dipegang-pegang. Kata Ica sih bahasa kerennya penari striptease yang gak telanjang dan gak pake tiang)Srintil. Nah perjalan cinta Rasus dan Srintil gak berjalan mulus. Jadi ronggeng berarti milik semua pria, gak bisa jadi miliki Rasus sendiri.

Aku rasa sih, si Srintil sayang banget sama Rasus. Tapi rasus bebal banget, mencoba lari dari bayang-bayang Srintil. Pura-pura hebat padahal gak bisa move on. Rasus juga ternyata bukan tipe pejantan tangguh :berduka apaan tuh ninggalin Srintil di akhir cerita, ngebuat semuanya tergantung di atas langit.

Aku gak ngerti dengan sudut pandang dalam buku ini. Awalnya orang ketiga serba tau lalu berubah jadi orang kedua sebagai pengamat, lalu berubah lagi menjadi orang pertama tunggal. Nah pas di orang pertama tunggal, bisa-bisanya dia tau apa yang dipikirin orang lain-___- sungguh aneh. Tapi aku mikir deh, ini kan sastra lama, mungkin zaman itu penulis Indonesia belum ngerti banget soal POV.

Alur ceritanya mengalir seperti air. Aku kurang bisa ngerasain emosi karakter, aku gak masuk kedalam ceritanya. Ahmad Tohari mendeskripsikan karakternya sedikit banget, dia lebih banyak kayak berbicara dengan diri sendiri. Aku bahkan gak bisa merasakan perasaan marah meluap-luap Rasus waktu dia nembakin “mantri” dengan bedil.

Overall, buku ini bagus. tapi buat ngalahin Severus-lily buku ini masih jauh tertinggal. Semoga sih, setelah baca buku #2 dan #3 nya, kisah Rasus-Srintil emang pantas buat disandingin dengan para pejuang cinta lainnya.

Rating : 7,8


Eh, doain yah besok aku nemu buku #2 nya di perpus. Udah siap nih buat ubek-ubek rak perpus lagi:p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar