Minggu, 22 September 2013

Resensi: Angels and Demonds



Judul         : Angel & Demond

Pengarang     : Dan Brown

Genre         : Novel, Petualangan, Fiksi Ilmiah


Opiniong =>

Asdfghjkl.

Keren banget.

Luar biasa.

Bener-bener Subhanallah!

Tarik nafas dalam-dalam dan nikmati petualangan Langdon c:
Ini bener-bener salah satu buku yang ngebuat aku rela nyakitin mata aku selama 8 jam, tegang banget tapi gak sanggup buat gak ngebalik halam selanjutnya. Err.

Ini buku kedua Dan Brown yang aku baca. Dan ini juga salah satu buku yang menurut aku PINTAR dalam segala hal. Semuanya ada dibuku ini petualangan, fantasi, pengetahuan dan yah love story.

Oke dibuku ini Dan Brown menceritakan tentang, yah masih petualangan Langdon sih, namun dalam balutan katolik yang kental banget. Cerita tentang illuminati-yang ngerubah mindset aku dari penggemar teori konspirasi:p menjadi orang berpikiran terbuka- yang “bangkit” kembali setelah dihancurkan oleh gereja ratusan tahun lalu, nah orang yang mengatasnamakan illumintai ini, ngadain semacam sabotase dalam acara pengangkatan paus. Ada pembunuhan, ancaman bom anti-materi dan ancaman media. Benar-benar luar biasa.

Hal pertama yang aku lakukan setelah baca buku ini adalah bertanya kepada Kris tentang katolik. Ternyata dia gak lebih tau daripada aku, seenggaknya Hans taulah kalau yang sekarang ini Paus Fransiscus, daripada Grace yang jawab Benedictus-_____-
Aku gak perlu menunggu lama buat tertarik dengan buku ini, setelah ngelihat ambigram simetris illuminati aku langsung megap-megap kayak ikan._. dan huwaaah merasa seperti ini buku yang harus aku tuntasin dalam semalam. Bahkan dengan begonya aku juga sempat muter-muter bukunya demi ngeyakinin diri sendiri kalau itu emang bener anagram. Hell, ternyata emang simetris sempurna.

Seperti buku-buku yang lainnya, Dan Brown selalu menyajikan fakta ilmiah berisi pengetahuan segar yang bakalan menarik banget buat diketahui. Dan Brown mengangkat hal-hal kecil yang kurang diperhatikan menjadi seperti something really big :matabelo

Sebelum baca buku ini aku bahkan gak pernah kepikiran soal Vatican, sistem pengangkatan paus, CERN, garda swiss, istilah dalam dunia kepausan dan bahkan aku nganggap illumintai itu adalah kelompok pemuja setan (aku sih penggemar teori konspirasi:p) tapi setelah baca buku ini, whuss aku seperti seseorang yang berpengetahuan luas dan ngerasa buku ini emang keren banget, walaupun fiksi, tapi opini yang disampaikannya bener-bener jempol bisa dibuktiin secara fakta. Dan Brown terlihat sangat cerdas dari cara dia menyusun bukunya. Aku bener-bener menganga baca buku ini.

Pembunuhan yang cerdas.

Apa aku terlihat seperti pedofil ketika nulis kata tersebut? Tapi sih kayaknya enggak, aku kagum banget sama cara rumit yang Dan Brown pikirin. Pasti DB udah pernah keliling vatican buat ngerti semua hal disana. Aku sih suka banget cara DB menuntun langdon buat mencari jawabannyam dan juga cara si assasin negbunuh kardinal itu bener-bener dewa, aku aja bahkan gak sanggup ngebayanginnya. Yaiks. Yaiks. Yaiks.

Baca buku ini serasa pamflet tour kalau lagi ngnjungin sesuatu bersejarah. He doesn’t miss every detail. Aku bisa membayangkan gimana besarnya perpustakaan itu atau gimana bagusnya gereja disana atau patung-patung waw pahatan Bernini dan Michaelangelo, sayangnya sih setelah aku lihat di google ternyata yang aku bayangkan sama kenyataan berbeda <///3

Hal terakhir.

Aku sempet sesenggukan di akhir cerita. Aku mah gak pecaya kalau dia pelakunnya walaupun sejak awal aku udah ngira kalau dia tuh pelakunya. Tapi aku, gak ada sedikitpun petunjuk yang mengarah ke dia. Sedihnya, DB malah ngasih clue palsu yang dengan sukses ngeba banget ke aku. Nyebelin banget emang:3 ketipu 2x

Perasaan aku setelah tau dia pelakunya yah gak jelas, semacam galau tak berawan. Tapi aku beneran pengen nangis waktu salah seseorang kardinal membocorkan semua rahasia Paus yang selama ini disimpannya, sumpah robek hati dedek kak <//3 sedihnya. Ironis banget:cry T___T aku bener-bener deh, aduuh gak nyanka banget kalau DB tega ngebuat ending yang nendang begini. Sedihhh, kasihan banget pelakunya gak pernah tau lebih awal.

Penutupnya sih lumayan lah, Langdon sama Victoria♥ sayang banget dia bakalan tukar pasangan di next series. Hu hu hu h u hu.

Rating : 9,0

Eh, pada sadar gak sih kalau Langdon series ini punya semacam “pattern” tersendiri, dari yang aku tangkap sih setelah baca The Da Vinci Code, Angel&Demond lalu The Lost Symbol. Nah Patternnya itu selalu seperti ini : berlangsung dalam waktu 24 jam. Ditemani cewek cakep. Backgroundnya pasti lagi dikejar-kejar gitu dan pelakunya bener-bener mereka yang gak punya kemungkinan buat jadi pelaku serta ada ironi yang menyakitkan hati di bagian akhir. 
That’s it.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar