Minggu, 22 September 2013

Resensi: Lintang Kemukus Dini Hari



Judul         : Lintang Kemukus Dini Hari

Pengarang     : Ahmad Tohari

Penerbit      : Gramedia

Tanggal Beli  : PINJAM

Opiniong =>

:cry :cry :cry :cry

Oh Gusti, teganya Rasus meninggalkan Srintil.

Benar-benar diluar dugaan. Aku seperti benar-benar menjadi warga dukuh paruk, mencintai ibu kandungku dengan setiap tetes darah, hembusan nafasku adalah pernyataan cinta untuknya.

This book got so damn.

Cara penyampaian Ahmad Tohari bener-bener buat aku merinding, setiap paragraf yang berisi keterangan tempat, suasana ataupun waktu bener-bener luar biasa, saking lugasnya aku udah merasa ngelihat langsung aktivitas warga Dukuh Paruk.

Buku ini bener-bener mengundang sejuta emosi, aku sedih bahkan sampe nangis di bagian Srintil yang ngerasa dunianya runtuh ketika di tinggal Rasus. Atau dibagian ketika srintil mulai merasa menyesal menjadi ronggeng. Semua emosinya terasa menusuk-nusuk. Tapi, ketika Srintil jadi gowoknya Waras (hell, yah his name is Waras?) aku rasanya gak sanggup ngebacanya karena malu>// bener-bener deh, apaan sih itu menjijikkan banget, geli ihh.

Harusnya mereka bukan bilang Rasus-Srintil tapi Srintil-Rasus. Karena dariapa yang aku baca, i just got Srintil loves Rasus so much, but Rasus just need Srintil as his “imagine mother”. Itu adalah hal yang paling menyebalkan, aku rasanya err pengen juga tuh nembak rasus pake bedil.

Sekarang aku ngerti kenapa buku AT banyak dipake buat potongan soal bahasa Indonesia, bukan hanya karena ini termasuk sastra lama Indonesia tapi, AT punya sesuatu yang ngebuat kita bakalan bilang wow dalam setiap deskripsi latarnya, dia gak pernah to the point dalam mengakatan udah pagi, masih siang atau udah malam dia malah nerangin latar waktu kayak gitu dengan kata-kata panjang yang ngebuat kita harus berusaha mutar otak buat ngerti maksudnya.

Sasmita Alam. aku sih gak pernah memperhatiin sasmita alam seperti yang mungkin AT lakukan sehingga dia bisa dengan lugas nerangin segala hal tentang alam, kata-kata tentang selaras dengan alam, keserasian alam bener-bener terdengar merdu ditelinga aku, aku ngerasa tenaaaang banget. AT menyampaikan nilai-nilai kecil kehidupan dengan kecil juga, tapi aku menerima banyak dari yang kecil itu. Aku suka banget keterangan soal sandikala, yang aku tau kalau magrib itu gak boleh keluar rumah karena bisa aja ntar kepijak anak setan. Ternyata ada penjelasan yang lebih waw daripada yang penjelasan mamak aku. Walaupun kedengaran aneh, tapi penjelasannya rasional, bisa diterima dengan akal sehat dan yang pasti lebih gampang dimengerti.

AT bener-bener orang yang berpengetahuan. Karena orang yang gak berpengetahuan gak mungkin bisa ngebuat buku yang seperti ini, mengajari tentang kehidupan tanpa menggurui. It really makes me feel like iam talking wit Aisah or Ridho. AT mengeluarkan semua pendapatnya, gak setengah-setengah dalam setiap paragraph. Somehow, rasanya AT seperti bicara sendiri dengan aku, bilang kalau hidup itu harus nrimo pandum, jangan berkeluh kesah sama yang sudah ditakdirkan, tarik nafas, hembuskan dan jalani hidup.

Latar buku ini juga nyambung dengan sejarah, aku agak bingung sih tahun 1965 itu apaan, tapi setelah aku baca bagian awal Oktober dan pembunuhan orang-orang, aku sadar ini peristiwa G30S/PKI. 

Aku, entahdeh mau bilang apa, disini gak begitu dijelasin soal peristiwanya, kalau gak jeli dan males banget dengan sejarah sendiri mustahil tau deh.

Salah satu bagian yang paling mengguncang adalah bagian ketika Dukuh Paruk habis dilalap api, aku rasanya mau nangis. Aku gak tau harus dukung PKI atau pemerintah, ternyata Soeharto emang sewenang-wenang yah :c padahal dukuh paruk gak tau apa-apa. Mungkin, banyak kali ya Desa yang dibumihanguskan tahun 65 itu, padahal mereka cuma mengikuti apa yang terjadi, kalau pemerintah peduli sama desa kecil, mungkin PKI gak bakalan menguasai daerah itu (apadeh-_-)

Hal yang paling menyebalkan adalah BUKU INI MENGGANTUNG kan harapan aku<//3 bisa-bisanya endingnya Srintil ditangkap, rasanya pengen ngerobek nih buku. Untung aja dicegah adek karena ini milik perpus SD. Ugh.

Overall, buku ini benar-benar luar biasa, diluar perkiraan, menakjubkan dan patut menjadi buku terbaik Indonesia sepanjang semasa. Aku merasa beruntung ngebaca buku ini. Thanks buat kaskus dan soal bahasa Indonesia yang ngasih tau aku soal this book EXIST!

Rating: 9,0

Hem, saat ini Putri sedang berusaha keras buat nyari jantera Bianglala di perpus SD, dan Aisah juga berusaha nyari bukunya di perpus SMP. Ternyata enak juga yah jadi kakak B-)
Semoga mereka beruntuk dan 5ribu akan menjadi milik mereka. Huahahahah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar