Selasa, 06 Agustus 2013

Resensi : Moga Bunda Disayang Allah (Buku)


Hai, aku ikutan trend nih. Sekarang kan lagi in banget tuh film moga bunda disayang Allah. Sekarang aku mau nge review bukunya. Bukunya karangan penulis fav aku. Tere Liye.

Pengarang        : Tere Liye
Genre            : Novel
Penerbit         : Republika
Tanggal Beli     : 25 november 2012

Pendapat aku =>

Pas beli novel ini aku agak bingung sih. Milih novel yang ini atau sunset bersama rosie ya. Akhirnya setelah aku cari ternyata ini buku plastiknya ada yang udah disobekin sama pengunjung sebelumnya, maka dengan santainya aku baca isi dalemnya. Dikiit doang. Aku baca belakangnya. Yang soal Hellen Keller. Awalnya sih gak ngeh, eh pas ada kata-kata Film India yang Black itu (ketahuan deh gue suka bollywood), akhirnya ingat juga deh hellen Keller itu siapa u,u

Actually, pada awalnya aku Cuma pengen tahu gimana sih om Tere (malah jadi kayanama cewe ya-_-a) itu ngegambarin keadaan yang ada di film Black. Yah, aku sih awalnya mikir, ini kaya fanfiction dari film black #plak atau semacam scenario dari film black. Mueheheh.

Ternyata.

This book is totally different dari filmnya.

Aku kaget. Terbengong-bengong. Bahkan sampai nangis :cry
Buku ini berkisah tentang perjalanan Melati, anak yang tuna netra, tuna rungu dan tuna wicara (kebayang gak looo?1) yang Melati tau itu Cuma gelap, sepi, bingung, diam dan hampa. Melati gak bisa ngenalin dunia luar karena keterbatasannya.
Dan juga ada Karang, seorang kakak yang udah kehilangan adiknya. Dan yah dia bahkan menganggap dia lah menyebabkan adeknya pergi. Ugh. Pak Guru Karang tenggelam dalam kesedihan. Kerjanya mabok, tidur dan berusaha move on dari masa lalu. Tapi yah, it’s hard to do.

Awalnya emang agak aneh, lihat dua cerita kayak gini. Tapi ketika ceritanya melebur. Aku gak tau harus gimana. Speechless. Ke khas an bang tere kali ya. Everything dijelaskan sedetailnya. Konfliknya ga pernah basi. menguras air mata dan bikin kita berusaha buat berubah.

karang akhirnya resmi menjadi gurunya Melati atas permintaan bundanya Melati sendiri. Awalnya sih Karang sama Melati itu gimana yah, kalau menurut aku sih agak ekstrim cara mendidiknya, pokoknya kalau Melati marah Pak Guru karang balik marah, kalau melati teriak pak guru Karang bales teriak. Walaupun melati gak bisa denger sih ya._.v

awalnya Pak Guru karang ngajarin melati buat duduk di kursi, menggunakan sendok kalau makan. Buat ngajarin dua hal itu aja, susaah nya ya Allah. Pak Guru Larang harus ngebangun pandangan dalam diri melati “kalau makan itu ya pake sendok. Kalau gak pake gak usah makan” dan “duduk dikursi tuh baik-baik dong.” Setelah melalui minggu-minggu akhirnya melati berhasil ngerti dengan caranya sendiri. Ini merupakan kebahagian banget buat bunda Melati.

Setelah berhasil mengajarkan 2 hal itu, akhirnya Pak Guru Karang mencoba ngajarin Melati kalau barang-barang yang ada dirumahnya itu bukan untuk dilempar. Sukses? NOPE. Pak guru Karang udah beli selusin ayam-ayaman buat ngajarin Melati, dan semuanya habis dilemparin. Yang ada dipikiran Melati sih kayaknya gini “yampun banyak banget sih yang bisa dilemparin. Asik neh.”

Udah berminggu-minggu tapi Pak Guru Karang belum sukses ngajarin Melati. Padahal Pak Guru Karang punya tengggat waktu. Yaitu ketika ayahnya Melati kembali kerumah setelah kerjaannya di Luar negri selesai. Awalnya sih Pak Guru Karang gak dikasi tenggat waktu atau apapun. Ayahnya Melati sejak awal emang gak suka dengan Pak Guru Karang yang keras banget dalam ngedidik Melati and you knoww setelah ketahuan kalau Pak Guru karang itu pemabok (ada botol minuman dikamarnya) ayah melati langsung ngusir Pak Guru Karang keluar. Ugh. Tapi, karena Pak Guru Karang mohon banget sama bundanya Melati supaya masih bisa ngedidik melati. Bunda itu karakternya lemah, tegar dan penyayang, akhirnya sih Pak Guru Karang dibolehin tinggal disana hanya sampai ayahnya Melati balik lagi.

Tapi sayang banget, ayahnya Melati tiba lebih cepat dari yang diperkirakan. He wants to give his wife a surprise. Tapi, akhirnya malah ayahnya yang kaget karena ngelihat Pak Guru karang masih ada dirumah. Gilak kan. Nah lalu, si ayahnya Melati marah-marah. Bunda bingung banget mau ngejelasin gimana. Akhirnya bunda nyuruh agar ayahnya Melati untuk lihat keadaan melati yang lebih manusiawi sekarang.

Dor.

Ternyata Melati gak ada. Bunda jadi cemas. Keadaan kacau banget. (ih aku pengen banget loh lihat adegan ini di film. Dibukunya aja aku ngerasa adegannya lucu banget-_-v daddy nya mau ngasih surpirse sampe disana dia yang kaget. Muehehe. Semoga deh ya film nya cepet ditayang di sctv. We will do the best for our idol ‘-‘)9 jangan beli bajakannya ya tantee, gue aja masih nunggu bbs tayang di tv nich)

Oke balik lagi.

Nah ini dia adegan dimana Melati nemuin dunianya. Melati nemuin gimana cara dia berkomunikasi. Baca bukunya aja ya tantee, gak seru kalau ditulis disini. Sebenernya malas. Biar tantee juga ngerasaain gimana rasa terharu yang aku rasain waktu baca adegan ini huhuhuh :’)

After that. Semuanya berubah. Semua orang dirumah jadi respect sama pak Guru. Bahkan sampe pembantunya juga (sory lupa namanya. Bukunya dipinjam sih pas ane buat resensinya. Jadi berdasarkan ingatan doang nich.)

Buku ini happy ending. Tapi sih sebenernya lebih berharap kalau buku ini bakalan nyeritain tentang Melati yang jadi sekeren hellen Keller. Tapi yah, mungkin ceritanya hanya sebatas itu. Tapi that’s enough. Mungkin bang Tere berniat ngebuat sequelnya. Wkwkwkw.

Penutup dibuku ini keren banget. Aku suka cara Melati ngelepas kepergian Pak Guru Karang. Dan aku juga suka banget bagian ketika mereka sekeluarga pergi ngelihat acara kembang api.
Overall, bukunya keren. 2 thumbs

Ratingnya 8,3 dari aku.


Oh ya, doain ya supaya filmya cepet tayang di tv. Di Duri gak ada bioskop nih :3  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar