Jumat, 30 Agustus 2013

Resensi: The Hunger Games


Judul         : The The Hunger Games
Pengarang     : Suzanne Collins
Genre         : Novel, Fantasy, Aksi
Tebal         : 586
Penerbit      : Gramedia
ISBN          :  978-979-225-0
Tanggal Beli  : PINJAM

Amerika Utara musnah sudah. Kini di bekasnya berdiri negara Panem, dengan Capitol sebagai pusat kota yang dikelilingi dua belas distrik. Katniss, gadis 16 tahun, tinggal bersama adik perempuan dan ibunya di wilayah termiskin di Distrik 12.

Karena pemberontakan di masa lalu terhadap Capitol, setiap tahun masing-masing distrik harus mengirim seorang anak perempuan dan anak lelaki untuk bertarung dan ditayangkan secara langsung di acara televisi The Hunger Games. Hanya ada satu pemenang setiap tahun. Tujuannya adalah : membunuh atau dibunuh.

Ketika adik perempuannya terpilih mengikuti The Hunger Games, Katniss mengajukan diri untuk menggantikannya. Dan dimulailah pertarungan yang takkan pernah dilupakan Capitol

Opiniong =>

Sampai dua minggu terakhir aku bahkan gak tahu ada buku dengan judul Hunger Games di dunia ini. Aku lagi nyari lagu, lalu ketemulah lagu dengan describe seperti ini “...lagu ini ost hunger games pas waktu katniss lagi...” aku sih masih belum ngeh Hunger Games apaan sih-__- aku kira semacam film setipe armageddon atau starterk lah. Nah, aku gak tau kenapa, disekolah ketika kami lagi bahas buku yang dijadiin novel, Ary bilang kalau Hunger Games itu juga ada novelnya. Lalu 2 hari kemudian dia datang membawa novelnya. Aku mah lihat novelnya udah kayak lihat bakso semangkuk penuh, gak sabar pengen dimakan dibaca. Tapi dengan najisnya si Ary gak mau minjamin karena dia belum selesai baca:3 padahal aku udah mohon dengan sangat dramatis+lebay+menjijikkan. Dan  aku juga udah nunggu sabtu-minggu-senin tapi dia bahkan belum selesai bacanya :cry tapi akhirnya Selasa dia bawain bukunya dan aku akhirnya bisa pinjam. Thank God

Oke lupakan.

The Hunger Games.

Menceritakan petualangan Katniss yang dengan sepenuh hati bersedia menggantikan adiknya Primrose yang terpilih buat mengikuti Hunger Games. Permainan hidup-mati yang dibuat capitol untuk mengingatkan ke-12 distrik akan pemberontakan yang telah lama terjadi, dan agar tidak ada distrik yang mencoba untuk memberontak lagi.

Awal baca sih, aku merasa ini tipe buku yang kurang menarik, apaansih isinya pada gak jelas semua. Aku bahkan baca 3 kali halaman 1-8 buat dapetin feelnya. Apalagi buat ngebayangin gimana distrik 12 itu, aku malah ngerasa sepertinya buku ini lebih cocok pake setting zaman abad pertengahan. Kalau zaman masa depan seprtinya ketinggalan banget. Dan kalau pakai zaman sekarang, aku rasa penggambarannya gak cocok banget. Dan juga aku ngebayangin gimana sih Panem itu sebenernya, apa Panem gak ngikut PBB-___- sehingga bisa buat game yang ngelanggar HAM gitu.

Tapi, ketika Katniss mencalonkan dirinya buat ngegantiin Prim, aku mulai tertarik. Entah kenapa, aku suka banget segala hal yang berbau pengorbanan. Aku pikir yang cowok dari distrik 12 itu bakalan Gale, tapi ternyata Peeta. Karakter baru. Aku sih kaget, aku kira Gale itu bakalan jadi karakter utama di buku ini, Suzanne Collins mempermainkan tebakan pembaca.

Buku ini tipe buku yang mengalir begitu aja. Tenaaang banget. Kita gak nemuin alasan buat namatin buku ini dalam semalam. Emm, kalau mungkin kita dipaksa buat namentin dalam semalam sih, bakalan tamat juga.

Buku ini juga gak bisa “ngemainin” perasaan pembaca. Aku baca buku ini gak ada perasaan tegang, marah, takut, sedih ataupun senang. Bener-bener biasa doang. Aku rasa sih, ininih kekurangan buku ini yang paling fatal, padahal ini kan tipe buku fantasi-aksi. Harusnya ada beberapa adegan yang ngebuat kita nahan nafas, geregetan atau yah gimanadeh gitu. Pas bagian ketika Katniss dan Peeta mau bunuh diri karena Cuma 1 orang yang boleh jadi pemenang sedangkan mereka berdua juga gak ngebangkitin perasaan terharu. Harusnya itu puncaknya kan yah-__-

Petualangan Katniss ketika mengikuti Hunger Games berlangsung lumayan seru. Katniss sih sebenernya gak hebat-hebat amat, tapi dia itu pintar. Karena itu dia bisa jadi pemenang Hunger Games, nah di bagian ini nih aku gak ngerti apa fungsi Peeta di buku ini. Aku rasa sih Peeta Cuma disempilin supaya buku ini terlihat lebih hidup. Karena tanpa kisah cinta buku ini bakalan sedikit membosankan.

Part yang paling aku suka yaitu bagian ketika Peeta cerita ke Katniss gimana dia bisa jatuh cinta sama Katniss. Dia bahkan ingat detilnya, ini satu-satunya part yang bisa mengguncang jiwa mellow-dramatis aku. Kalau aja ada yang sayang sama aku kayak Peeta sayang ke katniss. Ugh.

Buku ini adalah tipe buku yang bakalan aku baca sekali doang. Jadi, aku males belinya *bilang aja gak punya uaaang*

Rating :7,7 atau 3 bintang


Sekarang lagi baca catching Fire english edition. doain supaya sukses yah, ini halaman 7 aja udah pening nyari artinya :3
eh sekalian deh, doain hunger games cepet tayang di layar kaca. gak tega nih buat beli bajakannya.

2 komentar:

  1. Yah begitulah setting-setting novel dystopia. Pasti dunia masa depan digambarkan suram :)

    Btw salam kenal dan selamat datang di BBI. Aku suka review-reviewmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, kayaknya bertolak belakang yah sama yang biasanya dibayangin. kan biasanya futuristik itu seperti pakaian abu-abu terang dan canggih
      salam kenal juga:) makasih yah

      Hapus